Mengendarai sepeda motor bersama group atau rombongan (konvoi) adalah
sebuah kegiatan yang menyenangkan.. Namun demikian dalam sebuah
konvoi diperlukan keteraturan dan kedisiplinan guna menjaga
keselamatan bersama dan pengguna jalan lainnya,, Berikut ini adalah
isyarat atau kode yang berlakU ketika konvoi :
1. RoadCaptain atau rekan paling depan kita menepuk helm bagian kanan
dengan tangan kanan 2 kali mengisyaratkan bahwa RoadCap membutuhkan
bantuan dari sweeper yang kemudian sweeper mendekati RoadCap dan
melakukan perintah RoadCap..
2. RoadCap atau rekan paling depan kita mengacungkan kepalan tangan
kiri mengisyaratkan agar rombongan memperlambat laju kendaraan untuk
berhenti..
3. RoadCap atau rekan paling depan kita mengangkat tangan kiri dan
mengacungkan 1 jari mengisyaratkan agar rombongan membentuk 1 barisan,,
klo mengacungkan 2 jari maka mengisyaratkan agar rombongan membentuk 2
barisan. Barisan dalam konvoi adalah staging, zig zag atau susun batu
bata, kecuali pada saat berhenti di lampu merah atau lainnya maka
berhentilah bersebelahan dan gunakan ruang kosong seefisien mungkin..
ketika membentuk 1 barisan sangat tidak disarankan untuk berada dalam
satu garis lurus,, paling ngga agak sedikit ke kiri atau kanan.. ini
berguna untuk menjaga jarak aman apabila rekan di depan melakukan
pengereman mendadak atau ada hambatan lain..
4. RoadCap atau rekan paling depan kita mengangkat tangan kiri dan
mengacungkan 1 jari kemudian menggerakkan jari membentuk lingkaran
kearah kanan mengisyaratkan agar rombongan siap-siap untuk berbalik
kanan.
5. RoadCap atau rekan paling depan kita mengangkat tangan kiri dan
mengayunkan lengan kearah kanan dengan telapak tangan terbuka dan
jari-jemari rapat mengisyaratkan agar rombongan bersiap untuk berbelok
kanan,, jika lengan diayunkan kearah kiri maka rombongan bersiap untuk
belok kiri dan jika lengan diayunkan kearah depan maka rombongan dapat
jalan terus dengan mengambil arah ke depan.
6. RoadCap atau rekan di depan kita mengangkat tangan kiri dan
mengacungkan jari-jemari yang membentuk huruf “0” dengan mempertemukan
ibu jari dengan telunjuk mengisyaratkan agar rombongan mematikan sirine
atau tidak membunyikan klakson, mematikan lampu-lampu aksesoris
non-standar (Strobo, hazard, flip-flop dlsb),, merendahkan gas pada
motor yang memiliki suara knalpot tidak standar 7. RoadCap atau rekan
paling depan kita mengangkat tangan kiri dan mengacungkan telapak
tangan membuka dan menutup adalah isyarat untuk dapat kembali
menyalakan lampu-lampu aksesoris dan perangkat lainnya.. Isyarat yang
sama dapat pula diartikan sebagai tanda untuk menyalakan/mematikan
lampu depan motor.
8. RoadCap atau rekan paling depan kita memberi isyarat dengan tangan
kiri dengan jari-jemari mengepal kecuali ibu jari dan kelingking dan
menggerak-gerakkannya adalah isyarat agar rombongan menjaga jarak aman
kendaraan.
HALANGAN DI JALAN
1. Menurunkan kaki kiri adalah isyarat adanya halangan (lubang, batu dlsb) disebelah kiri.
2. Menurunkan kaki kanan adalah isyarat adanya halangan (lubang, batu dlsb) disebelah kanan.
3. Menurunkan kedua kaki adalah isyarat adanya halangan (lubang,
batu, jalanan bergelombang, REL KERETA/ PINTU PERLINTASAN KERETAP API
asik nie tempat.. hehe.. dlsb) yang tidak dapat dihindari, ini
dilakukan sebelum atau sesudah melewati halangan tersebut jika pada
saat halangan tersebut dilewati, si pengendara motor melakukan gerakan
penyeimbang seperti berdiri pada footstep atau menurunkan gigi
perseneling untuk memperlambat kendaraan.
TROUBLE DI JALAN
1. Mengangkat tangan kiri dengan telapak tangan membuka lebar
2. Mengangkat tangan kanan dengan telapak tangan mengepal.
3. Membunyikan klakson (horn) panjang atau tanpa jeda.
ISYARAT UMUM LAINNYA
1. RoadCap atau rekan di depan kita memberi isyarat dengan tangan
kiri menunjuk dengan kearah tepi jalan adalah isyarat untuk
menghentikan kendaraan di tepi jalan.
2. Untuk ijin mengisi bensin adalah dengan menggunakan isyarat
trouble,, biasanya untuk CBRCLUB menunjuk-nunjuk tangki hingga
didatangi oleh sweeper yang bertugas lalu kemudian gunakan tangan kiri
yang menunjuk ketangki bensin. Saat menunjuk tangki bensin gunakan jari
telunjuk dengan ibu jari tetap terbuka dan yang lainnya mengepal.
Jika tidak memungkinkan menggunakan tangan kiri, gunakan tangan kanan
sambil menggunakan suara jika yakin suara dapat didengar oleh sweeper
yang bertugas.. sweeper yang bertugas akan memberitahu kepada roadCap.
3. RoadCap atau rekan paling depan kita memberi isyarat dengan tangan
kiri,, telapak tangan terbuka sejajar tangki bensin dengan gerakan
seakan menekan kebawah adalah isyarat untuk memperlambat kendaraan.
4. sweeper atau rekan di depan kita memberi isyarat dengan tangan
kiri, telapak tangan terbuka sejajar tangki bensin dengan gerakan
ayunan telapak tangan kedepan mengisyaratkan agar kita maju mendekati
atau mengganti posisi..
Yang harus selalu diingat adalah persiapkan kendaraan terlebih
dahulu,, apakah sudah lengkap atau blom seperti lampu utama, lampu sein,
dan lampu rem,, cek juga tekanan angin..
untuk bikersnya sendiri wajib mengenakan helm FULL FACE, jaket, celana jeans, sepatu yang tutup mata kaki dan sarung tangan..
semoga membantu…
Tidak ada komentar:
Posting Komentar